Thursday, July 6, 2017

5 Spot Underwater Boyolali Untuk Menenangkan Hati dan Pikiran

5 Spot Underwater Boyolali Untuk Menenangkan Hati dan Pikiran | Wisataparhuta - Setahun belakangan Boyolali sedang gencar mengembangkan potensi wisata yang ada, mulai dari wisata selfie, wisata alam sampai wisata ekstrim. Selain itu, beberapa waktu lalu, Wisataparhuta juga pernah mengulas wisata baru dan wisata hits di Boyolali. Artikel tersebut mendapatkan apresiasi yang besar dari para wisatawan.

Nah, berkaca dari hal tersebut kami akan lebih meng-explore keindahan Boyolali. Tapi kali ini pesona Boyolali di bawah air yang akan dibahas. Meski gak sekeren Raja Ampat atau Bunaken, paling tidak bisa membuatmu merasa bangga tinggal di Indonesia! Yuk simak, 5 spot underwater di Boyolali yang kece abis!

1. Umbul Langse.
Umbul Langse terletak di Dsn. Lebak. Ds. Nepen, Kec. Teras, Kab. Boyolali, Jawa Tengah. Umbul satu ini biasa dimanfaatkan untuk mandi dan mengairi sawah oleh warga setempat. Seiring berjalannya waktu, Umbul Langse dimanfaatkan sebagai tempat wisata. Meski sempat tak beroperasi lebih dari 6 tahun, Umbul Lengse kian ramai diburu wisatawan yang ingin berenang dan mencari spot underwater. Untuk kamu yang ingin jejeguran di Boyolali, Umbul Lengse bisa masuk ke list liburanmu selanjutnya.. Oh ya, tiket masuknya masih gratis kok.

2. Umbul Sungsang
Umbul Sungsang terletak di sebelah utara Umbul Langse, tepatnya di Dukuh Manggis, Desa Nepen, Kec. Teras, Kab. Boyolali, Jawa Tengah. Umbul ini sebenarnya sudah ada sejak lama, hanya saja belum banyak media yang mengeksposenya. Nah, selain dimanfaatkan untuk berenang dan mandi, Umbul Sungsang juga dimanfaatkan sebagai sumber air bersih untuk kebutuhan warga setempat. Buat kamu yang suka foto underwater, Umbul Sungsang Boyolali bisa jadi pilihan. Tiket masuknya yang masih gratis serta susananya yang masih sangat alami, dijamin akan membuatmu betah!

3. Umbul Tirtomulyo
Umbul Tirtomulyo terletak di Ds. Kemasan, Kec. Sawit, Kab. Boyolali, Jawa Tengah. Umbul ini dulunya merupakan tempat pemandain kerajaan, bahkan di beberapa titik kamu akan melihat ukiran khas kerajaan mataram di tembok yang mengelilingi area pemandian. Buat kamu yang ingin merasakan berenang ala-ala kerajaan, bisa banget datang ke sini. Bukan hanya itu, kamu juga bisa foto underwater karena airnya jernih banget. Untuk tiket masuknya Rp2.000/orang.

4. Umbul Pengging
Umbul Pengging terletak di Ds. Dukuh, Kec. Banyudono, Kab. Boyolali, Jawa Tengah. Selain Umbul Tirtomulyo, Umbul Pengging juga merupakan peninggalan kekayaan nusantara masa lampau. Umbul yang memiliki nama lain Umbul Titro Marto ini dibangun pada masa kejayaan Raja Sinuwun Pakubuwono X yang merupakan Raja Kasunanan Surakarta. Ada tiga pemandian di sini, yaitu Umbul Dudo,  Umbul Temanten dan Umbul Ngabean. Kini, Umbul Pengging menjadi salah satu objek wisata hits di Boyolali. Airnya yang bening membuat Umbul Pengging diburu banyak wisatawan yang doyan berenang maupun foto underwater. Tiket masuk Umbul Pengging untuk hari biasa Rp2.000/orang dan untuk hari libur Rp3.000/orang.

5. Umbul Kendat
Umbul Kendat terletak di Ds. Plumbungan, Kec. Banyudono, Kab. Boyolali, Jawa Tengah. Umbul Kendat ini merupakan situs Hindu peninggalan kerajaan Majapahit. Selain itu, tempat ini juga dulunya menjadi petilasan Dyah Ayu Retna Kedaton yang merupakan putri Brawijaya V (Raja terakhir Majapahit ). Di sini terdapat dua sumber mata air yang sangat jernih. Sepeninggalan kerajaan majapahit berpuluh-puluh tahun yang lalu, kini Umbul Kendat bertransformasi menjadi tempat wisata yang terbilang kece. Kamu yang suka berenang atau foto underwater, Umbul Kendat bisa jadi pilihan.

Kunjungi Juga :
Nah, itulah 5 spot underwater di Boyolali yang bisa jadi pengobat luka hatimu. Airnya bening banget dan suasananya sungguh mendamaikan. Cocok untuk kamu yang ingin menyegarkan badan dan mencari spot underwater. Oke deh, tetap jaga kebersihan dan tetap jadi wisatawan yang bijak ya!

1 Komentar untuk "5 Spot Underwater Boyolali Untuk Menenangkan Hati dan Pikiran"

umbul pengging mukhofas udah pernah kesana dan mantap. sebuah kolam renang peninggalan kerajaan jawa hindu / islam yang kini masih ada.

airnya juga bening dan ayemmm.. ayao pada coba yang belim pernah ke boyolali yaa..

oh iya makasih untuk informasi =mbul yng lain ya kang

Balas